Latest Supplement

Keteladanan


Oleh: Eko Triyanto

Dari Jarir bin Abdullah, “Pada suatu siang sewaktu kami berada di sisi Rasulullah Saw., datanglah sekelompok manusia telanjang berkemul kain shuf tebal berlubang dari kepala merelka dan bersenjata pedang, umumnya dari suku Mudlar. Melihat mereka berubahlah wajah Rasululllah., dan sesudah masuk ke rumah, tidak lama keluar menyuruh Bilal adzan dan iqamat, sehabis sholat beliau berkhutbah, isi khutbhanya diawali dengan ayat 1 An-Nisaa’ dan ayat 18 surat Al-Hasyr, seseorang besedekah uang emas peraknya, pakaian, dan gandum atau kurmanya, atau sekalipun hanya separoh biji kurma. Lalu datanglah seorang pria Anshar membawa pundi-pundi besar yang sangat berat, yang hampir tiada terangkat olehnya. Dan hal itu diikuti oleh beberapa sahabat lainnya, sehingga terlihatlah dua gunduk makanan dan pakaian, melihat yang demikian wajah beliau Saw berseri-seri, seraya bersabda; ‘Barangsiapa merintis jalan kebaikan dalam Islam, berarti ia memperoleh pahala (sendiri) dan pahala orang-orang yang mengikuti jalan kebaikan tersebut dengan tiada mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan sebaliknya barang siapa memulai berbuat jahat dalam Islam, berarti memikul dosa (sendiri) ditambah semua dosa orang-orang yang menirukan kejahatannya dengan tiada mengurangi dosa mereka sedikitpun.” (HR. Muslim)
Salah satu kunci sukses dakwah Rasulullah adalah keteladanan. Dalam berdakwah beliau lebih mengedepankan dakwah bil hal atau keteladanan. Setiap kali beliau memerintahkan kepada para sahabat untuk melaksanakan suatu amalan maka Rasulullah-lah yang pertamakali melaksanakan. Sikap demikian tentu akan lebih efektif untuk mengajak dalam kebaikan, karena apa yang telah beliau perbuat dapat menjadi panutan. Keteladanan memang perlu kita tumbuh-kembangkan dalam berbagai aspek kehidupan, orang tua harus mampu memberi keteladanan pada anaknya, seorang pemimpin harus mampu memberi keteladanan jika menghendaki rakyatnya berbuat baik, begitu pun seorang ulama (juru dakwah). Jangan sampai ia hanya mahir dalam merangkaikan kata. Tetapi ia juga harus mampu mengaplikasikan ajaran yang disampaikan itu dalam perilaku keseharian sehingga dakwahnya akan lebih mengena.
Saat ini dapat dibilang bangsa kita sedang mengalami krisi keteladanan, termasuk umat Islam sendiri, betapa tidak banyak di antara para ulama dan umara yang memijam istilah Pak Syafii Maarif mengalami keretakan antara kata dan laku. Di mimbar kita mengumadangkan ajaran-ajaran yang mulia, akan tetapi dalam praktiknya kita masih jauh dari demikian.
Maka mari kita berusaha agar keteladanan menjadi salah satu yang harus kita upayakan, bukankah Nabi juga memberi perintah, ibda’ bi nafsik, mari coba kita berusaha menjadi teladan dalam kebaikan sekecil apapun itu.
"Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al-Furqan [25]: 74)

0 Response to "Keteladanan"