Latest Supplement

Memulai Pekerjaan dari Kanan

Setelah kemarin seharian tanpa hujan, nampaknya hari ini kembali datang. Beberapa tahun terakhir kerap kita dengar para motivator dan ahli menandaskan betapa pentingnya otak kanan. Katanya, pendidikan di negeri ini lebih mengutamakan pemaksimalan otak kiri ketimbang otak kanan, jadilah negara ini terus berkembang. Tapi tak maju-maju. Di sini kita bisa melihat betapa pentingnya otak kanan. Kanan.



Sebagai anak dusun yang di sekitar rumah banyak kebun, dengan berbagai tanamannya, saya tak juga tahu tentang sebuah fitrah alam yang tersaji. Sampai suatu saat saya mendapat informasi dan membuktikannya sendiri. Tanaman merambat yang berduri merambat dengan arah putaran ke kiri. Sedangnkan tanaman merambat yang tidak berduri, seperti kacang panjang, pare, dan sejenisnya, merambat dengan arah putaran ke kanan. Kanan.

Ketika melangkah ke tempat kebaikan, seorang muslim dianjurkan memualainya dengan kaki kanan. Memakai baju, membersihkan badan, dan melakukan kebaikan lainnya diperintahkan dari kanan. Termasuk makan, harus dengan tangan kanan. Kanan.

Begitupun dalam mengedarkan makanan atau minuman, disunnahkan mendahulukan yang di sebelah kanan.

Hadis riwayat Anas bin Malik ra. "Bahwa Rasulullah saw. ketika dibawakan susu yang dicampur dengan air, di kanan beliau terdapat seorang badui sedangkan di kiri beliau adalah Abu Bakar. Beliau pun minum kemudian memberikannya kepada orang badui seraya bersabda: Gilirlah ke kanan lalu ke kanannya lagi. (Shahih Muslim No.3783)

Beberapa hari yang lalu, saya membaca tulisan dalam FB, tentang membaca. Membaca yang mendatangkan banyak kemanfaatan. Bukan hanya di dunia tetapi juga di akhirat. Membaca, tulisan yang di awali dari kanan. Membaca dari kanan ke kiri, bukan dari kiri ke kanan. Itulah Al Quran.

Begitulah semestinya sebagai muslim, banyak-banyak mengerjakan amal yang dimulai dari kanan. Memulai kerja dengan kanan berarti memulainya dengan visi jauh ke depan. Mengutamakan yang kekal ketimbang yang sementara.

0 Response to "Memulai Pekerjaan dari Kanan"