Latest Supplement

Masyarakat Kelas Menengah di Indonesia Semakin Religius



Masyarakat kelas menengah ternyata semakian religius. Sebuah lembaga riset yang mengkaji konsumen kelas menengah, Center for Middle Class Consumer Studies (CMCS) mengungkapkan kalangan Muslim yang semakin makmur ternyata bertambah lebih religius.

Penelitian yang dilakukan CMCS selama setahun dengan melibatkan 1000 responden di kota besar seperti Medan, Jakart, Bandung dan Surabaya. Responden yang diteliti adalah yang mengeluarkan anggaran belanja 4 juta hingga 14 juta per bulan per keluarga.

religius kelas menengah
Munculnya kajian rutin-intensif menjadi salah satu ciri kelas menengah


Senada dengan hasil penelitian itu, fakta di lapangan juga menunjukkan gejala yang sama. Dengan populasi mencapai 87 persen dari penduduk Indonesia, kaum Muslim mengalami perkembangan yang mencengangkan terutama dalam hal kesadaran memilih fasilitas yang Islami.

Sejak hadirnya Bank Muamalat yang diklaim sebagai bank syariah pertama di Indonesia, pertumbuhan bank syariah mencapai 40% per tahun. Dua kali lebih cepat ketimbang bank konevnsional yang 20% per tahun.

Trend kesadaran membayar zakat pun meningkat. Dari data Dompet Dhuafa, sebagian besar yang mebayar zakat adalah kalangan menengah dan 90 % memanfaatkan pembayaran melalui elektronik. Semisal ATM, debit atau elektronic channel.

Di bidang kosmetika, kesadaran memilih produk halal pun meningkat. Produk Wardah yang mengusung brand kosmetika halal mampu meraih peningkatan omzet yang menjulang. Dulu omzet Wardah sekitar Rp 4 miliar per bulan, kini tengah mengejar target Rp 3 triliun! Bahkan dengan ini Wardah telah membuat pengusaha kosmetik konvensional kalang kabut untuk bersaing.


Dalam hal berbusana juga tak kalah mencengangkan. Kelas menengah telah semakin respek terhadap pakaian yang menutup aurat. Terbukti maraknya industri pakaian muslimah dan kian banyaknya komunitas-komunitas yang mengkampanyekan hijab. [S] – (et/republika)

0 Response to "Masyarakat Kelas Menengah di Indonesia Semakin Religius"