Latest Supplement

Ramadhan: Sekolah Bertaraf Internasional

Di tengah mahalnya pendidikan yang konon telah digratiskan demi kepentingan rakyat. Pendidikan yang berkualitas dan terjangkau tetap menjadi mimpi yang sulit terwujud. Berbagai dalih selalu saja ada untuk mewujudkan mimpi itu. Belum lagi hiruk-pikuk wacana tentang pendidikan berkarakter, pendidikan yang mengedepankan budaya ketimuran dan sebagainya.



Jika kita renungkan sesungguhnya Islam sejak awal telah menawarkan suatu konsep pendidikan yang tidak sekedar mengejar kemajuan nalar. Melainkan juga menjunjung tinggi moral. Ada nilai-nilai akhlakul karimah yang tidak boleh ditinggalkan bagi orang yang berilmu. Bahkan adab dalam mencari ilmu pun begitu diperhatikan. Adab kepada guru, adab terhadap ilmu yang didapatkan dan sebagainya. Suatu konsep menyeluruh dan utuh yang sangat relevan untuk diterapkan.

Bagaimana Islam menganjurkan agar setiap Muslim mencari ilmu dengan sekuta tenaga, untuk sukses salah satu caranya meninggalkan kemaksiatan, karena kemaksiatan akan menghalangi keberkahan ilmu. Menumpulkan akal pikiran dan menutup hati. Bagaimana Islam memberi rambu-rambu bahwa ilmu yang didapatkan harus digunakan untuk kebaikan, disebarluaskan dan tidak boleh ditimbun sendiri. Di dini jelas Islam bisa menjadi pedoman bagi mereka yang ingin mengamalkan ilmunya.

Lalu apakah sekolah itu mahal? Pada zaman Rasulullah ilmu penyampaian ilmu pengetahuan dilakukan di masjid-masjid. Pengajarnya langsung dari Rasulullah dan sahabat-sahabat sesuai dengan kapasitasnya. Mereka tidak dibayar untuk itu, dan para murid pun tidak membayar. Tetapi pernah pula Rasulullah menyuruh kepada para tawanan perang untuk mengajari kaum muslimin membaca dan menulis, yang itu dijadikan tebusan bagi diri mereka.

Jika, sekolah masih dianggap mahal, maka Ramadhan bisa menjadi sekolah bertaraf internasional yang dibuka secara grtais untuk siapa saja. Orang yang ingin belajar menyucikan jiwa, menyucikan hati, menyucikan diri. Menambah ilmu pengetahuan, bisa secara gratis mendapatkannya. Ramadhan adalah sekolah gratis bagi manusia. [e]

0 Response to "Ramadhan: Sekolah Bertaraf Internasional "